Tuesday, January 12, 2010

Zahwa konstipasi

Bismillahirrahmanirrahim...

Kemarin zahwa ku terkena konstipasi. sudah tiga hari dia gak BAB. kalaupun keluar cuman sedikiiiiit sekali itupun keras. padahal dia sudah mengejan sekuat tenaga sampai mukanya merah dan keringatan.Kasian sekali anak ibu yang satu ini, dia tampak trauma mengejan. awalnya ibu kurang aware dengan konstipasi zahwa. soalnya kan biasa anak yang mulai makan mengalami ini. tapi lama2 ibu koq ngerasa khawatir juga ya. akhirnya ibu putuskan untuk kasi microlax yang lewat dubur. dosisnya ibu buat setengah tube aja. pas dikasi microlax zahwanya nangis. tapi pup yang keluar tetap sedikit sekali dan masih tetap keras.mungkin obatnya itu gak masuk semua kali karena terhalang pup keras yang masih ada di dalam. jadinya obat tsb gak bekerja secara maksimal. padahal zahwa terus2an nangis setiap kali mengejan.
Akhirnya ibu putuskan untuk kasih pure pepaya aja sambil nunggu hari senin (mau liat perkembangannya dulu).

Hari senin semalam (04 january) ibu bawa zahwa ke dokter rita di zainab. sekalian imunisasi DPT juga sih. Setelah diperiksa sama dokter dan diimun zahwa dikasih obat laxarec yang juga lewat dubur (tapi ini khusus bayi). dosisnya 1 tube sekali pakai.

Sampai di rumah obatnya langsung ibu masukin ke duburnya. tapi kelihatannya tetap gak masuk karena terhalang pup tadi. Ibu jadi uring2an karena ngeliat zahwa yang semakin rewel. So obatnya ibu beli lagi trus dimasukin sekali lagi sm kak yani.

Selang beberapa lama , zahwa mulai mengejan lagi sekuat2nya. setiap kali dia mengejan ibu selalu berada disampingnya untuk menenangkan dan menyemangatinya. Akhirnya pup zahwa keluar juga sore itu...
Dan Alhamdulillah, sekarang pup zahwa gak keras lagi deh..

0 diarys comments: