Tuesday, August 03, 2010

ziyad masuk sekolah

bismillah..

tanggal 12 juli kemarin hari pertama ziyad masuk sekolah di playgroup rif!, senang sekali rasanya bisa ngantarin ziyad sekolah buat yang pertama kali. memang sih dulu waktu umurnya 1 tahun 8 bulan ziyad pernah masuk sekolah tumble tots, tapi itu cuman sekitar 2 bulanan aja dan masuknya juga sekali dalam seminggu. kalo yang sekarang sekolahnya lebih formal karena orang tua gak ikut gabung kaya di tumble tots, dan frekuensinya 5 hari dalam seminggu dari jam 8 pagi s/d 12 siang.


Jauh jauh hari ibu udah mempersiapkan diri dan ziyad buat masuk sekolah, mulai dari cerita cerita tentang sekolah sama ziyad, beliin tas dan perlengkapan makannya.. dan hal hal yang membuat dia tertarik bersekolah. Alhasil dia jadi antusias dan gak takut di hari pertamanya ini...
Alhamdulillah.... hari pertama berjalan dengan lancar, walaupun pas masuk kelas senam diawali dengan insiden pengen pup dan pipis segala (hanya bentuk ekspresi nervousnya, jadi bilang pengen pup dan pipis terus).


Setelah kelas senam berakhir (di sesi ini ziyad ga mau ikutan senam sama sekali, cuman duduk di pangkuan ibu), tiba waktunya masuk ke kelas masing-masing. ziyad kebagian di kelas PG B (usia 3-4 th). Nah baru didalam kelas inilah ziyad bisa beradaptasi dengan baik. ziyad dah bisa berbaur dengan teman temannya yang sekitar 10 orang itu, dah bisa jawab kalo ditanya tanya bu gurunya, dan bisa mengikuti arahan dari bu guru. Senangnya bisa melihat anakku yang bisa bersosialisasi dengan baik. dia sepertinya sudah bisa ditinggal tanpa ditunggui lagi. terbukti di hari hari berikutnya ziyad tak pernah ibu tunggui lagi. palingan cuman pas jemputnya aja sekitar jam 12 siang.



Awalnya lagi ibu berniat masukin ziyad di kelas TK A aja secara umur ziyad sudah 3 tahun 8 bulan,. dan ziyad sudah pintar berhitung 1-100, mengenal angka , huruf besar dan kecil serta mengeja ba, bi, be, bo dan ca, ci, cu, ce, co. tapi setelah dipikir pikir biarlah ziyad di play group aja dulu sambil mengasah keterampilan motorik halusnya dan sosialnya . Insya Allah kalau dia mampu dan bisa beradaptasi dengan baik barulah ibu pertimbangkan untuk membicarakan hal ini dengan gurunya.

Perkembangan ziyad:
  • Udah gak pake diapers lagi sejak 3 atu 4 bulan yang lalu, kecuali kalo tidur malam..
  • udah fasih banget mengenal huruf dan angka.. Aalhamdulillah..
  • udah bisa jawab kalo ditanya jam berapa sekarang? krena ziyad udah tahu baca jam digital, kalo jam analog baru bisa baca jarum jam nya aja, kalo menitnya masih bingung...
  • kalo mau pergi sekolah semua orang disalamin dan ngucapin salamua alykum..
  • nafsu makannya semakin membaik..
  • rajin gosok gigi dan bisa buka dan pake celana sendiri.
  • udah bisa baca doa kalo mau tidur
  • suka nyetel nyetel menu program tv ( kalo ini positif atw negatif ya, soalnya acara tv dari channel 1 sampe 99 hampir penuh semua di isi sama ziyad)
Yang Masih perlu di Asah:

  • kemandiriannya, karena kalo minum susu pake dot minta dipegangin terus dotnya..
  • keinginannya yang suka main game online, kalo gak dipantau takutnya kebablasan..
  • emosinya yang masih suka meledak ledak.. 

7 diarys comments:

IbuDzakyFai says:
at: August 03, 2010 10:44 AM said...

Ziyad sah skul nie dah besar ya, semangat skulnya ya

Emma says:
at: August 03, 2010 11:14 AM said...

iya ziyad dah sekolah aunty, makasih ya aunty..

Lidya says:
at: August 03, 2010 2:06 PM said...

pintarnya Ziyad sudah sekolah, mudah2an lama2 mau lepas dari botol nya ya

Emma says:
at: August 04, 2010 10:40 AM said...

alhamdulillah aunty.. iya nih semoga ziyad cepat mandiri....

Zulfadhli's Family says:
at: August 06, 2010 7:49 AM said...

Wah ABnag Ziyad udah sekolah yah? hayo belajar yang rajin yah Bang biar pinter kaya Kakek habibie. Amien

Tapi jangan ngedot lagi dunks. Tar cewe2 jadi ilfill loh :-)

BABY DIJA says:
at: August 12, 2010 1:24 PM said...

wow, Kakak Ziyad hebat udah sekolah..
Dija juga pingin sekolaaaah

Elsa says:
at: August 12, 2010 1:25 PM said...

heran deh
Ziyad kok hebat banget bisa nyetel program tv... 1-99 penuh semua

hebat tuh
kelihatan bakatnya