Copyright © MaJDi Diary
Design by Dzignine
Friday, January 22, 2010

Zahwa 7 Bulan

Bismillahirrahmanuiraahim...
Tepat  tanggal 22 Januari ini zahwaku menginjak usia 7 bulan. Alhamdulillah.. kemarin dia udah di vaksin hepatitis yang ke 3. Berarti tinggal vaksin campak di usia 9 bulan nanti. Berat badan pas ditimbang di RSIA Zainab 7.3 kilogram. Hebatnya , anak ibu yang satu ini nggak nagis waktu disuntik vaksin. malah setelah itu dia senyam senyum sama ibu dokter...
sekilas update zahwa:
  1. Udah bisa tengkurap sejak usia 5 bulan (sedikit lebih lambat dari ziyad yang bisa tengkurap sendiri umur 3.5 bulan)
  2. sudah bisa mengambil mainan dengan tangannya dan mengoper mainan tersebut dari tangan kiri ke tangan kanan dan sebaliknya
  3. suka banget gigit gigit barang yang dipegangnya, ibu harus extra hati hati terhadap barang barang yang dipegangnya ini.
  4. suka ngamuk kalo barang yang dipegangnya diambil orang.
  5. kalo lagi di baby walker dah pinter muter muter keliling ruangan, tapi kalau udah bosan disitu, tangannya mengembang keatas kayak kepakan sayap burung minta digendong keluar dari situ.. hihi lucu expresinya
  6. sudah bisa mengenal orang asing. kalo ada orang yang datang kerumah mimik wajahnya berubah serius dan terus mmeperhatiin orang itu. tapi kalo mau digendong langsung deh nangis
  7. kalo ibu pulang kantor zahwa menyambut dengan senyum dan tawanya yang lebar. sepertinya dia rindu banget sama ibu dan pengen langsung digendong sama ibu. trus kalo ibu pura pura cuekin dia, dia langsung  terbatuk batuk merengek rengek minta digendong.
  8. tertawa terkekeh kekeh kalau sedang ngeliat abangnya ziyad dan adel yang lagi main loncat2an.
  9. kebiasaan nenenya suka sambil baring (ibu sama zahwa sama sama baring di bed). tapi kalau dinenenin sambil duduk dia suka main2.. (gak serius nenennya)
  10. kalau ibu gak ada dirumah boboknya diayun sm kak yani sambil dengerin musik. tapi kalo ibu dah dirumah,  bobonya minta dikelonin ditempat tidur sambil ngemut nenen dan tangannya  megang2 " nenen yang satu lagi .
  11. suka nyanyi a..a...a..a.. kalo lagi senang especially kalo ibu lagi berdendang juga......
  12. makannya alhamdulillah baik dan cenderung berselera dikasih apa aja, malah dia paling gak bisa liat orang ngunyah, bawaanya ngiler (pengen juga). kalo mama lagi ngasih makan adel diruang keluarga, zahwa dengan baby walkernya pasti deh nguber nguber mereka....
    Itulah sekilas tentang zahwa yang udah tujuh bulan. mudah2an dia selalu sehat dan dirahmati Allah SWT.

    nyempill sedikit cerita ziyad,;

    2 hari yang lalu badannya agak panas.  sekitar 38 derajat celcius. Anehnya kalo diraba keningnya gak anget gitu . so ibu berpikir itu mungkin cuman panas dalam biasa atau karena kecapean. nafsu makannya turun drastis. yang biasanya agak susah makan sekarang makin tambah susah. hiks  hiks.. minum sufornya pun agak berkurang juga. akhirnya ibu bawak berobat ke zainab sekalian imunisasi zahwa. kata dokter sih mungkin karena ada virus. pas ditimbang BBnya pun turun jadi 11 kg (gak mau makan sih).. setelah makan sanmol dua apa tiga kali gitu alhamdulillah badannya udah gak panas lagi. cuman tinggal pemulihan nafsu makannya aja.. anti biotik yang dikasih juga gak ibu minumkan soalnya ibu pikir kalo kena virus kenapa dikasih antibiotik ya? bukannya AB itu untuk kasus penyakit yang diakibatkan bakteri gitu?

    ya udah lah yang penting sekarang ziyad udah baikan. kedepan ibu jaga supaya ziyad gak terlalu kecapean. jalan jalan nya bakal dikurangi nih.
    Ibu akui beberapa hari belakangan ibu agak teledor ngejaga ziyad. dalam seminggu ini aja, jalan jalannya hampir tiap malam. ya ke mall lah, pasar buah lah, cari makanan... wuihhh trus ibu juga kemarin gak disiplin malah bolehin ziyad minum jus ibu yang dingin banget... mmmh.. Maafkan ibu ya nak.... makan dan minum yang banyak lagi ya................
    Tuesday, January 19, 2010

    dari teratakbuluh sampai pesta tetangga...

    bismillahirrahmaniraahim....
    Malam sabtu 15 januari, perut ibu keroncongan..  laaapaar.. tapi makanan dirumah gak bikin sreg. So ibu mutusin keluar sama anak anak cari makanan sekalian mau bobo in zahwa di mobil. jadilah setelah mutar mutar keliling kota gak karuan ibu nemu tempat nongkrong yang asyik buat makan di red bean. yah mahal sih tapi apa boleh buat dah lapar banget dan malam pun udah mulai larut. makanan nya asyik.. cocok di lidah dan perut ibu. lokasinya juga nyaman. Letaknya persis di pinggir jalan gatot subroto.





    besoknya......

    sore sore pengen jalan jalan tapi bingung mau kemana. mau ke mall hari sabtu begini pastilah padat banget. takutnya nanti malah gak nyaman. so kami mutusin pergi ke teratak buluh aja. Awalnya sih cuman mau jalan jalan aja sambil cari jajanan kampung kayak bakwan, gorengan dll. Tapi gak taunya disana lagi musim ikan. EEh jadi deh kami borong ikan pantau yang dijual sama ibu ibu di kampung tersebut. ikannya seger banget karena baru ditangguk dari sungai kampar. masih hidup. cuman 5000 satu tekong (ukuran kaleng susu kental manis). Ibu beli 2 tekong dan mak iyah beli juga satu tekong. Terus kami minta ikannya sekalian dibersihkan sama ibu ibu itu
    ni gambar pas mau berangkat





    dan ini pas di teratak buluhnya......


    Dah puas main di teratak buluh kami pun pulang.... Dan sampai di rumah selesai solat magrib nenek nggoreng ikan yang kami beli tadi.. Iih enak deh, ikan pantaunya gurih.  Untung tadi ikannya udah dibersihin, jadi tinggal digoreng deh.....


    Minggu, 17  januari  2010

    tetangga  sebelah rumah ada hajatan. Mereka sedang ngadain acara pernikahan anaknya yang pertama. Berhubung rumahnya gak ada halaman, terpaksa deh jalan di depan rumahnya tempat mobil kami keluar masuk didaulat jadi tempat nerima tamu. dan tendanya pun udah dipasang. Alhasil Mobil kita dan mobil mama harus diungsikan ke rumah mbahnya ziyad.Gak pa pa lah namanya juga lagi ada acara yang belom tentu ada setahun sekali ya kan?...


    pas ibu datang kesana sama ayah (nenek udah duluan karena jadi panitia), ibu sempat sempatin nyanyi dua buah lagu melayu.. he..he.. memang kebiasaan..... , Malamnya juga ibu nyanyi lagu dangdut ( pecinta musik dalam negeri) pokoknya asyik deh, berasa pesta dirumah ndiri aja (atau ibunya yang gak tau malu.. pesta orang main seruduk aja). Lucunya lagi, pas ibu nyanyi ziyad joget joget di atas pentas bareng ibu. hi..hihhi..



     Tapi yang bikin gawat( gak segitu gawatnya kalee), acara orgen tunggalnya itu lho diadain sampai jam 12 malam... wowww.. ibu kebayang berisiknya, apalagi ditambah suara gensetnya yang 5000 watt itu. nah lho.....

    Ternyata yang ibu khwatirkan terjadi juga, rumah berisik minta ampun. pas malam, musiknya bertambah kencang. House musicnya itu kaya di diskotik aja,  nenek sampai kena vertigo trus muntah muntah deh.. kasian. Untungnya kamar ibu ada di belakang. jadi gak terlalu berasa banget tuh musik. tapi tetep aja zahwa uring uringan pas tidur malamnya. dia baru bisa nyenyak setelah jam setengah dua subuh!!!! aaraggghhh....


    Ziyad sekarang 38 bulan

    Bismillahirrahmanirrahim,
    Tanggal 13 Januari Ziyad genap berusia 38 bulan. Alhamdulillah dengan bertambahnya umur bertambah pula kepandaiannya baik dari segi tutur bicara (verbal) dan tingkah laku. Walaupun sampai sekarang makannya susaaah sekali, tapi ziyad termasuk anak yang gampang dikasih masukan (gak nyambung).
    Berikut beberapa update nya ziyad :
    • Rajin banget gosok gigi 2 kali sehari setiap mandi
    • Tidur malamnya paling cepet sekitar jam 11 malam dan bangun pagi sekitar jam 9 pagi
    • kalo kemauannya gak diikuti suka ngamuk, merajuk dan gigit gigit barang yang gak jelas
    • suka banget jahilin adek adel (sepupunya)
    • suka cari cari alasan kalo di suruh makan, cerewetnya gak ketulungan. kalo berdebat dengan dia kita sekeluarga pasti kalah deh. makanya nenek ngasih gelar ke dia si "Abu Nawas" yang banyak akal.
    • Seneang nonton dvd barney, dora , diego, didi tata(huruf hijaiyah), pipi panda (abc) dan edutaiment lainnya. Malah koleksi kasetnya dah hampir satu toples.
    • Sudah mengenal huruf latin dan sebagian kecil huruf hijaiyah serta angka angka. Meskipun dia belum bisa mengeja huruf huruf itu menjadi sebuah kata
    • Pintar nyanyi. lagu kesukaannya yang paling sering dinyanyikan : matahari terbenam, si kancil anak nakal, aku seorang kapiten, abc, satu satu aku sayang ibu dll.(dah hapal liriknya).
    • senang dibacain buku cerita especially buncil dari majalah ayah bunda 
    • gak suka buang sampah sembarangan, rajin bersih bersih
    • Dan banyaaak lagi..............
    Nah berikut kelemahannya yang perlu di improve lagi
    • Belum bisa toilet training alias masih pakai diapers (mudah2an secepatnya, akan ibu ajarkan terus). malah kalo lagi pup didiamkan dulu lama2, setelah itu kalo ketahuan pup baru deh mau dicuciin..
    • Kalo main sama sepupunya suka iseng, tapi kalo dia yang di isengin nangis manggil2 ibu.. (cengeng)
    • Picky eater
    • Minum susu masih pakai dot
    • Nggak mau ngalah sama adek, kalo adeknya pengen nyusu mulai deh dia berulah minta digendong ibu, atau kalo di mobil dia pengen duduk didepan sama ibu padahal dia tahu adeknya lagi nagis pengen sama ibu.
      Itu dulu kayaknya cerita tentang anak bujang ibu yang ibu sayangi, mudah2an Allah selalu melimpahkan kesehatan , umur yang panjang padanya sehingga kami sekeluarga bisa melalui hari hari dengan kebersamaan dan penuh kebahagiaan. AAmiiien.................................
    Tuesday, January 12, 2010

    zahwa jatuh dari buaian

    Bismillah,..

    Akhirnya insiden itu terjadi juga...

    Hari minggu kemarin tanggal 10 january sepulang belanja kunci-kunci dari global bangunan sekitar jam dua siang, ziyad dan zahwa ketiduran di mobil. mungkin karena udah memang jam tidurnya nih. Sampai dirumah ibu dan kak yani ngegendong mereka ke buai(ayunan) nya masing-masing supaya tidurnya jadi lebih nyenyak.

    Karena hari itu ayah ada undangan kawinan, so ibu harus nemenin ayah pergi ke acara kawinan itu. sekitar jam 3 siang pas udah siap2 berangkat, ibu kasih tau ke kak yani supaya ngejaga anak anak yang lagi bobok.
    Biasanya setiap zahwa bobok dibuai , ibu selalu letak bantal atau kasur dibawah buai tsb. tapi gak tau kali ini ibu agak teledor lupa ngeletakin alas dibawahnya.Kalo buaian ziyad sih memang tepat berada di atas spring bed.

    Alhasil ketika ibu pulang dari acara, mama kasih tau kalo zahwa jatuh dari buai nya. ibu kaget banget dengarnya. gimana certanya sih (pikir ibu dalam hati)...

    Kata Nenek selang berapa lama ibu dan ayah keluar dari rumah, nenek yang sedang makan di meja makan dengar bunyi suara "Per" ayunan yang terbanting.. kemudian diikuti suara tangis zahwa yang meraung raung tersedu. Semula nenek pikir zahwa kejatuhan mesin electric buai nya. eh.. gak tahunya pas nenek masuk ke kamar nemu zahwa yang udah tengkurap di lantai sambil sesenggukan. duh ibu gak kebayang deh.... kesalnya hati ini.. mau marah gak tau ma sapa. mungkin ibu juga sih yang lalai....

    Tapi untunglah kata nenek zahwa gak kenapa-napa. nangisnya juga gak terlalu lama . sepertinya jatuhnya zahwa itu ngebentur kasur yang terlipat disamping buai. so gak kena kepalanya. kayaknya cuman kaki atau tangannya aja yang agak sakit. malah kata nenek abis nangis zahwa udah ketawa tawa lagi seperti biasanya (wah memang hebat anak ibu ini.. suka ketawa banget). tapi untuk mengantisipasi hal hal yang tak diinginkan kemudian hari, malamnya ibu manggil bude tukang urut buat pijitin zahwa. Nangis sih pas diurut.. habis tu ketawa lagi deh..

    Alhamduluillah syukur ya nak..Ibu juga ingatkan lagi kak yani agar selalu memantau anak anak kalau lagi bobok dan tak lupa meletakkan kasur dibawah buaiannya. Mudah mudahan gak terjadi lagi ya sayang..

    Ibu jadi ingat kejadian yang sama juga pernah menimpa ziyad waktu umurnya masih sekitar enam bulanan. waktu itu sore, ibu masih di kantor. Ziyad terjatuh dari buainya yang tergantung ditiang tempat tidur( tempat tidur berkanopy). Parahnya lagi dia jatuh dua tingkatan dari buai ke tempat tidur dan jatuh lagi ke lantai.. hii syeraaam banget kalo ingat itu. dia nagis dan rewel hampir semalaman. ibu jadi gak tidur tidur ngejaganya.
    pas habis jatuh gak ada benjolan atau memar yang timbul. tapi pas besoknya baru deh nongol benjol di kepalanya hampir sebesar telor ayam kampung. Setelah di bawa ke tukang urut (besoknya) baru deh dia bisa agak tenang (memang penanganan yang terlambat).

    Itulah sekilas cerita jatuhnya dua buah hatiku yang memilukan hati. Berharap kejadian itu takkan pernah terulang lagi.. Amiiin..

    Zahwa konstipasi

    Bismillahirrahmanirrahim...

    Kemarin zahwa ku terkena konstipasi. sudah tiga hari dia gak BAB. kalaupun keluar cuman sedikiiiiit sekali itupun keras. padahal dia sudah mengejan sekuat tenaga sampai mukanya merah dan keringatan.Kasian sekali anak ibu yang satu ini, dia tampak trauma mengejan. awalnya ibu kurang aware dengan konstipasi zahwa. soalnya kan biasa anak yang mulai makan mengalami ini. tapi lama2 ibu koq ngerasa khawatir juga ya. akhirnya ibu putuskan untuk kasi microlax yang lewat dubur. dosisnya ibu buat setengah tube aja. pas dikasi microlax zahwanya nangis. tapi pup yang keluar tetap sedikit sekali dan masih tetap keras.mungkin obatnya itu gak masuk semua kali karena terhalang pup keras yang masih ada di dalam. jadinya obat tsb gak bekerja secara maksimal. padahal zahwa terus2an nangis setiap kali mengejan.
    Akhirnya ibu putuskan untuk kasih pure pepaya aja sambil nunggu hari senin (mau liat perkembangannya dulu).

    Hari senin semalam (04 january) ibu bawa zahwa ke dokter rita di zainab. sekalian imunisasi DPT juga sih. Setelah diperiksa sama dokter dan diimun zahwa dikasih obat laxarec yang juga lewat dubur (tapi ini khusus bayi). dosisnya 1 tube sekali pakai.

    Sampai di rumah obatnya langsung ibu masukin ke duburnya. tapi kelihatannya tetap gak masuk karena terhalang pup tadi. Ibu jadi uring2an karena ngeliat zahwa yang semakin rewel. So obatnya ibu beli lagi trus dimasukin sekali lagi sm kak yani.

    Selang beberapa lama , zahwa mulai mengejan lagi sekuat2nya. setiap kali dia mengejan ibu selalu berada disampingnya untuk menenangkan dan menyemangatinya. Akhirnya pup zahwa keluar juga sore itu...
    Dan Alhamdulillah, sekarang pup zahwa gak keras lagi deh..
    Tuesday, January 05, 2010

    Cerita Akhir Tahun 2009

    Bismillahirrahmanirrahim..

    Tanpa terasa tahun 2009 yang penuh kenangan berlalu disongsong dengan hadirnya tahun 2010 yang penuh harapan dan azam.  Dalam mengisi liburan akhir tahun kemarin kami sekeluarga berkumpul bersama sama, jalan-jalan, berenang dan melakukan kegiatan kegiatan yang seru lainnya. Nenek dan pak usu tidak bisa ikut serta karena mereka berlibur ke malaysia bersama kerabat yang lain. Jadilah liburan tahun ini hanya Ayah,ibu,zahwa,ziyad, kak yani, mama, uwak kudel, mak iyah & keluarganya,.

    Ada sih rencana mo ikut nenek liburan ke M sia,  tapi berhubung zahwa masih bayi dan belum punya paspor jadinya niat itu ditunda dulu sampai zahwa besar.. mudah2an tahun 2010 bisa terwujud amin..

    So.. acara liburan yang pertama kami pergi berenang ke sungai pagar (kurang lebih 40 menit dari pekanbaru). Seru deh, karena lagi musim banjir air sungainya jadi dalam n asyik buat berenang. semuanya pada berenang: ibu , ziyad, mama , awi dan mak iyah. zahwa cuman liatin aja digendongan ayahnya.

    airnya dingiin banget dan arusnya gak begitu deras. seneng banget ziyad kayaknya. Tapi ziyad gak ibu bolehin lama2 berenangnya. takut dia kena pilek. rencana awal kami mau bakar jagung di situ, berhubung hari dah sore bakar jagungnya di rumah aja deh....

    Pas pulang kami singgah dulu di pondok makan ongah buat beli lauk.. yummy serunya..

    Besoknya..kami berenang lagi di hotel arya duta. karena ketagihan berenang kemarin kale makanya mama ngajak berenang lagi. Mama buka kamar satu buat mereka sementara kami rame2 (ibu, ayah, ziyad, zahwa ,tok ongah ,bunda ,syifa) ikutan berenang di poolnya. lucu dan heboh..  semoga kebersamaan seperti ini terus berlanjut.. amin..

    OMG.. Zahwa got cough Finally

    Bismillahirrahmanirrahiim...

    Beberapa waktu yang lalu (kurang lebih 2 minggu lalu) putriku zahwa terserang batuk pilek. Pileknya sih gak seberapa tapi batuknya itu lho yang bikin kasihan. malah pernah sampai muntah. mungkin karena ketularan kudel sepupunya yang juga batuk2, ditambah lagi ziyad yang baru aja sembuh dari pileknya.

    Biasanya kalo zahwa pilek ibu gak pernah kasi obat, karena bisa langsung sembuh sendiri sekitar satu hari aja. Mungkin karena dia anak ASI kali jadi lumayan lebih kebal dari abangnya dulu. Tapi kali ini batuknya bikin ibu sedikit khawatir. jadi ibu bawa aja ke dokter di zainab.
    Kata dokter sih ada gejala alergi sama batuknya itu soalnya pas di steteskop terdengar bunyi ngik..ngik... jadi zahwa dikasi obat batuk pilek puyer dan sirup anti biotik.

    Sampe di rumah, zahwa ibu minumkan obat batuk pilek tapi anti biotiknya gak ibu kasih soalnya khawatir zahwa masih bayi. takutnya kayak ziyad dulu asal sakit sedikit bawa ke dokter terus minum anti biotik..jangan2 malah bakterinya jadi resisten lagi.

    setelah tiga kali minum obat batuk, Alhamdulillah batuknya dah reda dan sisa obat gak ibu teruskan lagi deh..  mudah2an zahwa gak sakit lagi ya nak, dan ibu berusaha agar zahwa gak ketergantungan sama obat dokter kecuali klo dah darurat banget. Amin..