Wednesday, October 12, 2011

HARI RAYA

Bismillah..

Setelah sebulan berada di bulan suci ramadhan , akhirnya harus berpisah juga dan bertemu pula dengan hari kemenangan Idul Fitri.
Ada rasa sedih karena berpisah dengan bulan suci tapi ada juga rasa bahagia karena (Insha Allah) Mencapai hari kemenangan.

Menurut kalender, hari raya jatuh pada hari selasa tanggal 30 Agustus 2011. Tapi setelah tercapai kesepakatan ulama (metode rukyat hilal) maka, pemerintah menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari Rabu, tanggal 31 agustus 2011. Maka kami sebagai rakyat pun mengikuti ketentuan pemerintah dengan berlebaran di hari rabu. (mentaati ketetapan ulil amri ).


Awalnya karena menyangka lebaran hari selasa, maka pada hari seninnya lontong dan gulai ayam telah selesai dimasak nenek, berhubung baru dapat kepastian lebaran pada malam harinya, maka lontong dan gulainya kami makan bersama sama malam itu juga dan buat sahur seok harinya. Alhamdulillah bertambah puasa satu hari lagi.. ^_^ ..
Barulah pada esok harinya nenek masak lontong lagi dengan gulai tauco.. mmm sedaap..


Tak  banyak hidangan /juadah yang kami siapkan lebaran kali ini, karena mama dan uwak (kakak ibu dan suaminya) serta anknya zhafier merayakan lebaran di kampung halaman keluarganya di palembang. Jadi pada hari minggu mereka dah terbang ke jakarta buat nyambung lagi terbang ke palembang. DAn tok ongah (abangnya ibu) serta keluarganya juga berencana pulang ke Dumai di hari raya kedua. So rumah pun menjadi sepi. Yang tinggal cuma Ibu, Ayah anak anak , nenek dan pak usu (Adik ibu).


Di malam takbiran, kami sekeluarga pergi ke rumah mbah ziyad buat ngantarin serantang lontong beserta gulainya. Setelah itu kami hanya menghabiskan malam bersama sambil menikmati kesyahduan malam yang fitri dan mendengarkan takbir dari rumah saja. menghindari kemacetan jalanan sekaligus mau jaga kondisi kesehatan anak anak biar gak kecapean.


Besoknya di pagi hari raya, kami sholat ied berjamaah di dekat rumah tepatnya di lapangan universitas Tabrani Pekanbaru. Seruu sekali karena anak anak ku sudah bisa diajakin sholat. Ziyad ikut sholat sama Ayahnya, sementara zahwa berdiri aja sambil main main disampingku. Zahwa memakai baju muslim sambil menenteng tas mukenanya. How cute she is..:))

 

zahwa dan syifa lagi "sholat" ied

Pulang dari sholat ied kami menziarahi kuburan atuk ziyad (bapaknya ibu) sebentar dan setelah itu baru kembali kerumah, makan makan dan menunggu tamu tamu yang datang. Setelah banyak keluarga yang berkunjung kerumah, Sekitar jam 10an kami pun berkunjung ke rumah mbahnya ziyad. Disini keluarga ayah ziyad sudah ramai berkumpul. Jadi praktis langsung salam salaman di rumah mba ziyad aja kalau kalau nanti ga sempat ke rumah keluarganya yang lain. Di rumah mbah ziyad, zahwa dan ziyad mendapatkan THR lebaran masing masing Rp. 155.000,-  hihihihihi walaupun mereka belum tahu nominal uangnya, tapi mereka senang sekali. Setelah zuhur, kami balik lagi ke rumah dan Istirahat karena Anak anak udah pada kecapean. dan mereka tidur siang dulu.



tertidur penat


sorenya baru kami pergi lagi ke rumah kerabat di panam...

Besoknya di hari raya kedua, kami cari makan siang yang enak di daerah teratak buluh kurleb 20 km dari pekanbaru, tapi sedihnya pulang dari situ, nenek terserang diare selama dua hari... mmm kesian kesian kesian..


makan siang di teratak buluh


Hari raya keempat, mama dan uwak balik dr jakarta dan kami pun jalan jalan ke desa danau bingkuang kampar dan malan siang di pondok pak abbas..

zahwa with pink

two boys
abang ziyad ganggu adeknya



Setelah libur lebaran berlalu, ibu pun kembali masuk kerja lagi.  sementara nunggu kak yani pulang dari mudiknya, ayah lah yang jagain zahwa dan ziyad di rumah. lagian karena libur sekolah mereka juga masih tersisa seminggu lagi. So buat ngisi waktu, zahwa belajar masak nih...



 
zahwa lagi bikin lotek nih.. buat ibu kalau pulang kantor nanti..

 That's All cerita lebaran tahun ini.. ^_^....




4 diarys comments:

Elsa says:
at: October 12, 2011 12:02 PM said...

waaaaaaaaaaaaahhhh Zahwa cakep banget deh dengan busana muslimnya! Cantiknyaaa....

Baby Dija says:
at: October 12, 2011 12:02 PM said...

Kak Zahwa bisa bikin sambal sendiri ya????
Hebat dong

Lidya - Mama Pascal says:
at: October 12, 2011 12:45 PM said...

minta dong sambalnya,tapi jangan terlalu pedas ya :)

Mia Herminingtyas says:
at: November 04, 2011 7:17 PM said...

waduh..aku kalah gaya nich cara nguleknya sama mbak zahwa,hee.. jangan pedes2 ya nak..