Thursday, February 10, 2011

mandala oh mandala.. !!

Bismillah...
Kalau semua rencana berjalan dengan lancar mungkin postingan kali ini berisi cerita cerita seru dan gambar gambar yang tak terlupakan bagi ibu, keluarga dan temen temen kantor. Tapiii.... apa boleh buat, manusia hanya bisa berencana tapi Allah jua yang menentukan hasil akhirnya, ya kan?.. begini ceritanya.......


Sesuai tradisi tiap tahun di kantor ( tapi di sub bagian ibu aja..), untu merelakskan tenaga dan fikiran yang udah terkuras selama satu tahun (he he),maka kami semua merencanakan kalau tutup tahun 2010 di lakukan dengan refreshing alias jalan jalan ke batam dan spore bareng keluarga masing masing....  kenapa batam/spore?..
Pertama karena kita bawa keluarga yang nota bene banyak punya anak kecil maka harus cari tujuan yang nyaman , dan gak lama kalu di perjalanannya. Batam masih tergolong dekat dari pekanbaru yang cuma ditempuh selama setengah jam by plane, kalau ke jkt kejauhan.. ke sumbar juga harus naik mobil ber jam jam. makanya pilihan jatuh ke kota ini secara juga dekat kalu mau nyebrang ke spore (murah pula)..
Kedua, berhubung mandala lagi promo maka kami hunting tiket pp sebanyak banyaknya sesuai anggota yang mau pergi ke batam. jadi anggaran bisa irit sekali, bayangin aja satu orang ada yang cuma 60 ribu pp pku-bth. muraah banged kan?
Ketiga, Berhubung ibu dan keluarga baru balik dari malaysia, gak enak kan kalu jalan jalannya kesana lagi makanya Ibu ngomporin teman teman lain supaya mau ke spore aja, apalgi buat yang belum pernah ke sana ibu ceritain yang bagus bagus sehingga mereka jadi excited dan tertarik untuk pergi, malah mereka dah buat paspor jauh hari sebelumnya.
 
Nah sesuai tiket, Rabu tanggal 12 januari 2011, ibu bareng keluarga berangkat duluan ke batam, sedangkan teman teman yang lain baru akan berangkat besoknya Kamis tanggal 13 januari 2011.  Lucunya lagi, di tiket kami tertulis keberangkatan Jam 11.05 pagi. So di pagi rabu itu sekitar jam tujuh ibu dan keluarga masih nyantai nyantai aja di rumah sambil mau pergi beli sarapan. Iseng iseng ibu ambil Handphone buat cek and ricek kalau ada yang missed call ato sms tadi malam. Pas buka Inbox keliatan ada message dari mandala. Dan isinya tau nggak ???????????????
"Mandala RI-103 PKU-BTH, Mohon maaf krn alasan OPERASIONAL diubah mjd jam 08:15 Hub call Center bla bla bla bla.." WHATTZ???????????? apa apaan ini, ini dah jam tujuh pagi gilaa! ternyata mereka baru kirim sms pemberitahuan malam tadi. Lha coba kalau ibu gak ngecek handphone, apa yang bakalan terjadi? pasti lah ketinggalan pesawat uhuhuuhuuuhuh...
setelah panik baca sms tesebut ibu langsung bangunin anak anak, gak pake mandi n sarapan langsung ganti baju dan cabut ke bandara, untung malam sebelumnya kita udah packing packing.. so paginya tinggal berangkat aja.
sampai bandara , check in dan Alhamdulillah take off....


LHa.. permasalahannya dimana???..
Begini,  Setelah nyampe di Batam, Pas Malamnya Ibu ditelpon sorang teman dari Pekanbaru dengan nada sedih dan sedikit kecewa. Dia nyuruh ibu nonton news di tvone ato metro tv ataw apalah  buat nyaksiin berita ttg Mandala..
Pas nyalain tv , ibu liat running text nya metro tv. disana tertulis kalo mandala menghentikan segala kegiatan operasionalnya terhitung kamis 13 Januari 2011 karena alasan keuangan. Haaaa.. sejurus kemudian pun ibu dapat sms bernada sama dari mandala. malah mereka nyuruh mencari penerbangan lain. teganya teganya teganya.. waduh kalau begini kejadiannya ibu ngebayangin bagaimana nasib teman teman yang bakalan gak terbang besoknya....
sebenarnya dengan adanya pembatalan sepihak dari mandala, mereka menjanjikan akan me refund semua tiket yang telah kami booking dari dan ke batam yang totalnya ada sekitar 17 orang.  masalahnya, bukan  harga tiketnya (yang memang gak seberapa karena dapat yang promo.) Tapii.. Dampak kerugian yang ditimbulkan dari pembatalan penerbangan itu. Bayangin aja, ibu sudah booking 7 kamar hotel untuk dua malam via travel agent. 7 (Tujuh) kamar malam pertama gak bisa dicancel karena waktunya udah mepet. untung malam keduanya masih bisa di cancel. Untung transportasi, dan tiket tiket ke spore belum di kasih DP, klo gak pasti bertambah banyak kerugian materil nya. 

Diantara semua itu kerugian yang paling besar adalah kerugian moril dimana kami harus kehilangan momen momen bersejarah yang mestinya bisa kami lalui bersama sama. Padahal liburan ini sudah dipersiapkan berbulan sebelumnya. teman teman ibu udah bela belain ngurus paspor, trus ada juga anak teman ibu yang udah kegirangan  gak sabar pengen pergi sampai sampai dia beli baju baru khusus untuk liburan itu.. hiks hiks kasian banget.. maafin ibu ya nak ??, ibu rasanya sudah maximal menghandel semua ini tapi apa boleh buat takdir berkata lain.
 
sebenarnya saat dapat kabar pembatalan itu, ibu udah berusaha semaximal mungkin mencari cari pesawat lain buat  teman teman. namun tidak ada satu pesawat pun yang tersedia seat nya. jangan kan kelas ekonomi , kelas bisnis pun ludes tak tersisa. baik secara on line maupun via travel agent.  tampaknya imbas dari berhentinya mandala sangat besar. mungkin penumpang lain buru buru beralih ke penerbangan lain sehingga gak ada seat lagi buat teman teman ibu.

ibu pun sempat khawatir juga kalu kalu gak kebagian tiket pulang ke pekanbaru. soalnya waktu ngecek pertama kali ke travel katanya seat dari batam ke pku udah full sampai hari rabu.. Haa oh my gosh ,,oh my gosh,, ibu gak mau terdampar di sini selama itu (pikir ibu). akhirnya setelah cari cari lagi dapat juga tiket pulang untuk hari sabtu 15 jan 2011 dengan harga hampir 700 ribu per orang..waw..... niat hati mau liburan irit eeh malah rugiii besar  naseb naseb....


fuuih.. tenyata keberangkatan kami yang mendadak di majukan dari jadwal sudah merupakan pertanda kalu ada yang tidak beres dengan mandala saat ini. soalnya yang ibu tahu di mana mana pesawat itu delay, bukannya malah maju dari jadwal seharusnya.. 

pesan buat mandala.. ayoo kamu bangkit lagi...!! walaupun sedikit kecewa dengan perlakuan kamu kali ini, tapi aku sebenarnya tetap suka kok pakai mandala, selain karena pesawatnya bagus bagus, pelayanannya juga oke.. mungkin disaat terpuruk ini aja kamu melakukan kesalahan yang bikin banyak orang kesal...
mudah mudahan besok besok tidak terulang lagi.. dan jangan kapok kapok berikan tiket promo ya.. buat pelanggan mu... 

so dengan adanya kejadian diatas.. jadilah ibu liburan sendiri aja minus teman teman kantor. eeh tapi bos ibu untung nya kebagian tiket. gak tau gimana dia bisa nyarinya, yang pasti dia berangkat bareng keluarganyapas hari kamis.. so dua keluarga inilah yang menikmati liburan ini...

cerita liburannya...

hari pertama nyampe di batam, kami nginap di kawasan nongsa di pinggir pantai, tepatnya di TURI BEAH RESORT, Overall suasananya menyenangkan, angin laut bertiup laju, kamr hotelnya juga cukup menyenangkan karena terletak di daerah berbukit dan seperti layaknya cottage. dari pondokan kamr kami yang berada di level 3, jalan kaki kurang lebih berjarak 300 meteran ke pinggir pantai. pantainya bagusss banget, ada batu batu besarnya. kolam renangnya juga mantafs. pokoknya gak nyesel stay di resort ini hehehe...
cumaaan... sayangnya jaraknya yang lumayan jauh dari pusat kota batam (kurleb 1/2 jam perjalanan by taxi) membuat kami kesulitan cari makanan. mau pesan dari hotel mahalnya nauzubillah. nasgor aja di charge 95 rebu booo!!!! So terpaksa pas sorenya kami beredar ke kota tepatnya ke mall nagoya hill buat beli perlengkapan dan bahan bahan makanan. stelah puas belanja blanji dan cuci mata barulah kami balik lagi ke hotel dan langsung blas... zzzzzz...zzz...zz..

kolam renag turi beach

view pantainya
lobby



besoknya sebelum check out, kami sempat sempatin berenang dulu di pool nya dan juga pantainya.. soalnya rugikan udah capek capek stay di resort tapi tidak memanfaatkan fasilitas yang ada..


stelah check out dari Turi beach, kami langsung menuju hotal berikutnya di pusat kota batam, tepatnya dekat jodoh atau batu ampar. HARBOUR BOY AMIR.. Sambil menunggu bos ibu datang dari pekanbaru, kami langsung aja masuk ke kamar dan santai santai dulu sambil memegang 7 kunci kamar lain yang tidak bakalan terpakai.. hahahahha, mau gimana lagi, dijual ke customer lain kayaknya gak bisa lagi uhuhuhuhuh...

Pas sore, bos ibu dan keluarganya nyampe hotel, kami ketemuan di hotel trus bicara bicara bentar, trus langsung balik ke aktivitas masing masing. Malamnya, ibu bareng keluarga dinner di golden prawn di daerah bengkong laut. disini resto nya asyik banget, karena selain lokasinya di pinggir laut, makanannya juga masih segar segar dan bisa dipilih sendiri dari aquariumnya. ziyad sama zahwa paling antusias banget karena bisa liat hewan hewan laut yang berenang renang di tempatnya . malahan ziyad boleh nagkap sendiri lobster nya sebagai pilihan menu makan malamnya dia. kalo ibu sih mending pilih nangkap sendiri ikan putih aja , itupun gak berhasil. akhirnya ditangkapin sama si abang karyawan restonya. serunya lagi... disini ada live musicnya alias organ tunggal. sooo, apa lagi kalo  bukan Nyanyiiiiiiiiiiii....... 3 lagu bo: ayat2 cinta, hanya ingin kau tahu dan penutup bahtera merdeka.. yiiihaa... tersalurkat juga hobi yang dah lama tak tersalur.. hihihihi..
ni videonya..


besoknya.....
goes to spore.. 14 jan 2011,
pagi pagi pas dah sarapan di hotel, kami sekeluarga tambah dengan bos ibu,(b. ronny) and family juga ngambil tiket yang udah di booked sebelumnya via telp. di loket harbour bay mall. persis di depan hotel kami nginap. lucu ya, loket tiketnya kok di mall, biasanya loket itukan di stasiun atw pelabuhan. ya kan?
kabarnya sih karena mall ini sepi, jadi setiap orang yang mo ke spore wajib ngantri tiket di loket yang di mall ini, supaya rame gitu. tapi tetep aja mallnya sepi.
setelah ambil tiket yang harganya 21 dolar per orang per PP (di spore nanti bayar lagi tax 26 dolar, totalnya 48 dolar per orang), langsung check in ke pelabuhannya yang cuman berjarak sekitar 300 meter dari mall ini. ya jalan kaki lagi!

naik ferry wavemaster jam 8. 30 pagi. sampai di harbour front singapore 45 menit kemudian. Ketara banget deh perbedaannya setelah nyampe di spore. di sini pelabuhannya aja ada mall mewah ckckckc.. berhubung ini kali ketiga kami kesini, kami udah tau kalo nukar uang sing dollar itu lebih untung di singaporenya dari pada di indonesia. sebelumnya sing dolar di batam nilai tukar 1 dollarnya = 6900an. tapi pas di spore cuman 6750. kan untuung... hhehehhe

setelah dari money changer langsung ambil taxi menuju kampong glam. berhubung hari jumat, maka kami memutuskan stay sebentar di kp. glam supaya b ronny dan ayah bisa memunaikan sholat jumat di masjid sultan kp. glam, masjid yang terbesar di singapore.
sampai di kp. glam, kami makan siang dulu di rumah makan minang persis di depan masjid, hebat nih orang padang gak di indo, gak di malaysia di singapore pun ada juga buka restaurant. salut...
makan disini, ambil sendiri trus bayar baru makan di tempat dudknya. kalu di hidang makanannya alamat bakal menguras isi dompet, karena apa yang dihidangkan itu udah masuk hitungan. wong gak dihidang aja harganya udah relatif mahal kok...
setelah kenyang , ayah dan b. ronni langsung ke masjidnya buat sholat jumat. Dan kami nunggu di luar sambil jalan jalan cari souvenir. enaknya kampung glam ini suasananya asyik buat walking and sightseeing. jadi gak bosan.. stelah mereka sholat jumat, giliran ibu yang sholat zhuhur di dalam masjid. sementara zahwa dan kak yani duduk nyantai di dalam masjid juga.


ayah n zahwa di kpg. glam



 Rencananya setelah ini kami mau ke bugis street buat beli oleh oleh , secara katanya di sana relatif murah harganya di banding tempat lain. sedangkan b.ronnyd an keluarganya langsung menuju hotelnya di kawasan geylang. mereka mau nginap satu malam disini sedangkan kami pulang malam ini juga ke batam.
pas mo bergerak  ke bugis gak taunya hri hujan, so terpaksa kami berteduh di pinggir pinggir jalan buat nyari taxi. berhubung hujan jalanan jadi sedikit sibuk dan nyari taxi pun jadi lamaaaa banget. waktu jadi banyak terbuang gara gara nunggu ni taxi yang penuh penuh trus dari tadi. kalu pun da yang kosong eeh gak tahunya dia lagi oncall.. cape deh. akhirnya sedikit demi sedikit kami jalan kaki ke daerah yang rame dilewati taxi. Untungnya ada taxi yang nurunin penumpang persis di tempat kami berhenti, so akhirnya naik deh.

tujuan berikutnya apalagi kalu bukan ORCHARD, tapi berhubung masih hujan kami gak bisa keliling keliling orchard. kami cuman turun dan masuk ke lucky plaza, niatnya mau singgah juga ke takashimaya, tapi nyebrang jalannya gak kuat bo...

Di lucky plaza kami keliling keliling bentar trus singgah makan di Ayam Penyet Ria. Disini mesti ati ati kalo mo cari makanan karena khawatir kalau kalu gak halal. selain Di Fast food, tempat makan yang halal masih terbatas. Setelah makan sop dan pecel lelenya, kami keluar dari lucky plaza dan nyari taxi lagi. Tapiiiii Antrinya gak nahaaaan, panjangnya minta ampyun... inilah akibat dari hujan yang berkepanjangan, naik taxi pun mesti ngantri padahal biasanya sangat mudah mendapatkan taxi di spore, kita tinggal nyetop di pinggir pinggir jalan aja. tapi kalau dalam kondisi seperti ini tukang taxinya jual mahal, alias sombong minta ampun. mau minta antar kesini gak mau, kesana gak mau aduh susah deh,, alasannya crowded, iih sebel emangnya mreka gak mau uang ya????****

setelah berbaris panjang dan menunggu antrian yang cukup lama akhirnya giliran kami mendapatkan taxi pun tiba. kami naik taxi tsb dan minta diantarin ke harbourfront.  sebelumnya ibu ngomong ke drivernya agar singgah sebentar di merlion karena kak yani yang nota bene baru sekali menginjakkan kaki ke spore, pengen mengabadikan kenangan alias poto poto disana, tapi sayang nya sang sopir taxi ini gak mau, walaupun ibu dah kasi tahu bakal bayar lebih buat waiting time nya tapi si supir keukeuh gak mau juga, katanya jalanan kesana lagi sibuk banget. yo weiss lah berarti gak nasib kamu yan bisa poto disono. 

setelah nyampe di harbour front, kami langsung chek in kan tiket pulangnya dan bayar tax sekitar 26 sing dollar. sambil menunggu ferrynya datang sekitar jam 18.20 waktu singapore, kami cuci cucimata di sekitaran mall harbourfront. Perjalanan kali ini kami gak bayak beli beli  karena selain mau ngirit juga malas bawa barang barang yang memberatkan. anak anak aja udah dua belum lagi koper dan ransel. Overall  perjalanan singkat satu hari ke spore kali ini walaupun tidak begitu puas jalan jalannya tapi cukup menyenangkan, hal ini karena ziyad udah ngerti banget jadi dia excited dan bisa tanya tanya ttg yang dia jumpai di sini. malahan katanya dia gak mau pulang ke batam n mau nginap di hotel spore aja. Kalau dulu dia kan masih 1.5 tahun jadi gak tau apa apa sama kayak zahwa sekarang yang cuma banyak tidurnya .

Nyampe di batam, lewat magrib kami langsung menuju hotel (jalan kaki tentunya karena dekat dari pelabuhan). setelah istirahat bentar, cabut lagi ke nagoya hill sekalian makan di foodcourt harbour bay karena kebetulan ada istrinya teman ibu yang juga datang dari pku. setelah itu balik ke hotel dan ZZzzzzzZ..Zz..

besoknya, 15 januari 2011 jadwalnya pulang ke pku,
sehabis sarapan di hotel bareng anak anak, ibu ngurus tiket istri teman ibu dulu yang mau berangkat ke spore, berhubung dia baru pertama kali, so ibu mesti ngurus dia dulu dan memastikan dia naik ferry ke spore. sesampainya dia di spore nanti sudah ada bos ibu(b. ronny) yang menjemputnya. setelah tugas ibu selesai, ibu balik lagi ke hotel terus check out dan langsung menuju bandara hang nadim.
di bandara kami naik pesawat sriwijaya. gak tau karena alasn apa flightnya delay pulak satu jam. alaah... terpaksa deh zahwa tidur dulu di kamar nursery di ruang boarding.


Tapi ibu bersyukur Alhamdulillah diatas semuanya karena kami bisa pergi dan pulang dengan selamat, selain itu juga karena betapa bangganya ibu menjadi breastfeeding mother yang selama perjalanan ini terus menyusui zahwa . sehingga kapan pun dan dimanapun di saat diperlukan, ibu tinggal cari posisi aman dan langsung menyusuinya tanpa harus cari cari botol ato air panas lagi. kebayang waktu bawa ziyad jalan jalan dulu ibu mesti nenteng nenteng botol, susu kaleng dan cari cari air panas kesana kemari. uuh repotnya minta ampun. 


Sampai di pekanbaru.. sekitar jam satu siang.... Alhamdulillah.

9 diarys comments:

Fitri3boys says:
at: February 11, 2011 11:58 AM said...

liburannya menyenangkan ya bu.., kesian juga temen2 yang gak jadi Liburan karena MANDALA gak operasi lagi.

desy handayani
at: February 11, 2011 2:16 PM said...

this should be my first trip ke luar negeriiii... belum rejeki yaaa...
PS : kak emma pantang nampak microphone.. :))

lidya says:
at: February 13, 2011 1:44 AM said...

sesuai dengan judulnya nih, mandala oh mandala :)
asyiknya berlibur ya bun

Emma says:
at: February 14, 2011 5:05 PM said...

@ ibu Dzaky: Alhamdulillah menyenangkan bu.. iya nih kasian temen temen kantor.. :(

@ desy: Ya emang lom rejeki nya kali jeungz sabarr....
kan udah tak bilangin klo itu panggilan jiwa...

@mbak lidya: iya nih jadi curhat ttg mandala.. heehhe

TS Frima says:
at: February 14, 2011 9:33 PM said...

salam kenal ^^

isma says:
at: February 15, 2011 1:21 AM said...

pengalaman delay atau pembatalan penerbangan mang bikin senewen juga. tapi jalan2nya seru banget ...

salam kenal bunda ...

Zulfadhli's Family says:
at: March 04, 2011 6:11 AM said...

Waaahhh liburannya asyiik yah Jeng, walopun ada adegan menyebalkan dari si Mandala hehee

Ya sutra gpp, walopun kudu keluar duit lagi buat beli tiket, yang penting hepi

Tapi kasian juga yah temen2 lain yang ga jadi pergi. Insya Allah kapan2 pasti menginjakkan kaki di tanah S'pore :-)

Emma says:
at: March 07, 2011 11:27 AM said...

@rakun: salam kenal kembali

@ isma: salam kenal juga bunda...
@ jeng sus: iya jeung yang penting heppy.. mudah mudahan kapan kapan kami liburan ke miri :P

Elsa says:
at: March 14, 2011 1:39 PM said...

padhal aku juga suka banget naik mandala, armadanya baru semua!!!
kecewa berat ketika mandala berhenti beroperasi. kok bisa sih???

asyik bener Mbak resortnyaa...
bikin ngiler pingin kesana