Thursday, November 25, 2010

Serunya Ramadhan dan hari Raya... . (draft lama yang lupa di posting)

(postingan ini udah lama banget jadi draft tapi baru sempat dipublish sekarang... gak papa ya??? daripada ga di publish sama sekali, itung itung supaya kelak putra putriku membaca bagaimana persiapan menjelang ramadhan dan idul fitri tahun 2010)

Bismillah...
Akhirnya bulan yang dinanti nantikan datang juga.. sebenarnya hawa hawa ramadhan sudah mulai terasa beberapa minggu sebelumnya, banyak persiapan yang sudah kami lakukan untuk menyambut datangnya bulan suci ini. Yng pasti ramadhan kali ini harus disambut dengan semeriah mungkin, karena belum tentu kan kita dapat berjumpa lagi dengan bulan seribu bulan ini di tahun depan. (mudah2an akan selalu berjumpa ya Allah)
ramdhan pertama tepat jatuh pada tanggal 11 agustus 2010, seminggu sebelumnya kami sekeluarga ziarah dulu ke kuburan ibu nya nenek di bangkinang dan terus ke kuburan atuk di pekanbaru dua hari sebelum ramadhan.
Serunya bulan puasa kali ini karena zahwa udah berusia setahun dua bulan dan udah bisa lari lari pulak sehingga udah asyik diajak main dan jalan jalan dan mimiknya juga gak se intens puasa taun kemaren yang masih dalam masa asi ekslusif . (cerita tentang perkembangan zahwa dan ziyad nanti ibu ceritain dipostingan yang lain..).

Nikmatnya lgi, puasa taun ini full gak pake bolong (klo puasa taun kemaren bolong semua gak pake ful hahaha), mungkin ini karena belum stabilnya hormon ditubuh ibu akibat proses menyusui yang masih berlangsung sehingga mensnya belum kembali normal. Asyikkan? jadinya ibu gak perlu ganti deh.... Alhamdulillah , walaupun lagi puasa, Asi tetap normal gak berkurang , so proses menyusui berjalan tanpa kendala berarti. ini karena ibu tetap pumping pas pulang istirahat kantor buat stok besoknya, trus menyusui zahwa directly, karena zahwa makannya udah teratur plus ditambah ngemil ngemil, selama ibu kerja dia gak butuh susu tambahan lagi. Pas ibu pulang kantor sore sampai malam hari barulah zahwa menyusu sepuasnya.

Kalo ziyad pas puasa dia tetap kesekolah seperti biasa. Bedanya cuma gak bawa bekal dulu kesekolahnya kecuali air putih. sepertinya dia udah tau konsep puasa walaupun belum bisa ngejalaninnya. Dia juga kami libatkan dalam rutinitas berbuka puasa setiap harinya. Kami juga hampir tiap sore ngajakin anak-anak jalan jalan sore buat cari bukaan supaya mereka excited menyambut buka puasa. Waktu malam tiba, ayah dan ibu sholat taraweh berjamaah di rumah. sedih juga sih gak bisa ke masjid sama nenek, tapi insya Allah semua ini ada hikmahnya karena dirumah ada Anak -anak yang harus dijaga. toh merawat anak anak juga ibadah kan? mudah2an tahun depan saat anak anak sudah mulai besar, mereka bisa diajak solat tarawih berjamaah di mesjid amiin...

Di ramadhan akhir (sepuluh hari menjelang idul fitri) kak yani, pengasuhnya anak anak yang udah kayak keluarga sendiri pulang ke kampung halamannya di lampung. Awalnya sempat ketar ketir juga sih, bisa gak ya ibu merawat anak-anak tanpa bantuan dia soalnya ibu kepikiran siapa yang jaga anak2 selagi ibu kerja, Tapi setelah dilalui alhamdulillah semua berjalan Lancar. untuk mengatasi kerepotan ibu ambil cuti dari kantor selama 9 hari kerja terhitung habis lebaran. Jadi ibu bisa fokus jaga anak anak sambil menunggu kak yani balik lagi ke rumah. sementara sebelum lebaran anak2 dijagain sama neneknya dan dibantu ayah juga. Ibu juga sering izin pulang cepat dari kantor.


HARI RAYA IDUL FITRI.. 1430 H

Ibu gak bisa ikutan sholat ied, soalnya anak anak masih pada tidur. kasian malam takbiran mereka kecapean jadi bangunnya pada telat semua. yang pergi sholat : nenek, ayah, pak usu , uwak , mama dan zhafier. Sementara di rumah ibu dan mak iyah sibuk masak kuah lontong lagi karena kuah gulai yang sebelumnya udah dibuat sama nenek mendadak basi pas mau dipanasin...  Jadilah pagi raya itu riuh rendah dengan kesibukan kami.... nasib nasib... untung ada warung yang masih buka (walaupun terpaksa) buat beli santan kelapa dan daging ayamnya.. kalo nggak kasian deh gak bisa makan lontong pake gulai buatan nenek...

ni foto suasana raya
zahwa kerjanya buka tutup toples terus..

anak-anak seputaran rumah datang berkunjung...

family yang sedang berkunjung


Hari raya Ziarah (Raya Enam)...
Seperti tahun tahun sebelumnya  HAri yang ketujuh setelah idul fitri (7 syawal) di bangkinang kampung nenek ada perayaan puasa enam, serunya bahkan lebih meriah dari raya idul fitri. Nah kami sekeluarga juga gak ketinggalan ikutan baek kampung ke bangkinang.. lagi pula sekalian membesuk kakaknya nenek yang lagi sakit.. seperti biasa... Fotoooo...


ayah dan ziyad di sawah..

3 diarys comments:

IbuDzakyFai says:
at: November 25, 2010 2:06 PM said...

wah seru yach lebarannya....yang disawah bagus banget fotonya yach

Lidya says:
at: November 27, 2010 9:50 PM said...

kumpul sama keluarga memang sangat menyenangkan ya

Zulfadhli's Family says:
at: December 06, 2010 6:46 AM said...

Waaahhhh jadi pengen juga poto2 di sawah. Bagus banget. Ijoooo dimana2 :-)