Tuesday, August 02, 2011

Sebulan di Jakarta

Beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal  13 Juni 2011 Ibu ditugaskan dari kantor untuk mengikuti Diklat Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) di jakarta selama Satu bulan penuh. Diklat ini diselenggarakan bekerjasama dengan LPEM UI dan diadakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Provinsi Riau. Sejak dua tahun yang lalu ibu selalu ikut tes PPD ini,  dan semenjak dua tahun itu pulalah ibu gak pernah ikut diklatnya walaupun sudah dinyatakan lulus. Ada saja kendala yang menghalangi ibu untuk pergi. Yang pertama kali, ziyad masih kecil dan gak bisa ditinggal. Yang kedua ibu hamil zahwa, trus yang ketiga zahwa masih kecil. Nah untuk tahun yang sekarang ibu bertekad harus bisa ikut diklat ini karena belum tentu tahun depan bisa ikut. Entah apa pula halangannya nanti . 


Berhubung diklatnya lama sekali (menurut ibu), maka ibu memutuskan untuk membawa serta anak anak bersama ibu ke Jakarta. Toh momennya bertepatan dengan Libur sekolah Ziyad. Pertimbangan lainnya karena Zahwa masih menyusui sama ibu, kan kasihan kalau harus ditinggal. Untungnya selama diklat kami para peserta disediakan akomodasi yang memadai yaitu di hotel grandmenteng  kawasan Matraman. Jadi selama ibu diklat dari pagi sampai sorenya, anak-anak bisa ditinggal bersama pengasuhnya (kak yani) di hotel. Dan Malam harinya bisa full bersama ibu, selain itu sabtu dan minggu bisa jalan jalan sama anak-anak karena belajarnya Cuma dari senin sampai jumat, sabtu minggu nya libur. Ayah terpaksa ditinggal di pekanbaru aja J.


Di hari keberangkatan ke jakarta, kami para peserta berkumpul dulu di bandara SSQ Pekanbaru. Ada sekitar 25 orang peserta dari berbagai Instansi Pemda Riau, Ceweknya 8 orang selebihnya bapak bapak. Dan ternyata gak Cuma ibu lho yang bawa anak, ada satu peserta lagi yang juga membawa putrinya yang sudah besar buat ngisi liburan di jkt. Di Bandara sepertinya Cuma barang bawaan ibu deh yang paling super duper banyak, hihi hi, ada dua koper besar dua tas tentengan dan satu tas tangan ibu. Malahan kami sampai bawa Ricecooker juga lho.. tapi yang ukuran kecil,, hihihi. Emang sih makanannya sudah disediain semua, tapi ibu jaga jaga aja kalau zahwa dan ziyad susah makan makanan hotel, jadi bisa masak nasi sendiri. Selain itu ibu juga bawa DVD player dan banyak kaset buat anak anak supaya gak bosan di hotel .

Sesampai di Jakarta, dan masuk Hotel petualangan seru selama sebulan lamanya  di mulai,  wuiiih….. seru.. !!



Minggu Pertama

Diklat hari pertama dimulai dengan pembukaan oleh kepala Bappeda, Dir LPEM dan dari Bappenas. Dari hotel ke tempat diklat UI Salemba kami diantar jemput dengan dua buah bus kecil dari pihak UI. Kalau gak macet palingan dalam 10 menit juga udah nyampe. Atau kalau mau bisa juga naik busway yang persis ada di depan hotel dan turun di depan kampus UI. Hari hari kuliah pun di mulai setiap jam delapan pagi sampai jam 5 sore.  Baru di minggu pertama diklat kami udah berasa kayak penduduk Jakarta deh hihihi..

Selama diklat kami diajar oleh Pengajar yang berpengalaman dibidangnya. Rasanya senang deh diajar oleh Mereka mereka itu, ada Prof sulastri, Prof. Dorodjatun, Dr. Ryant dan banyak lagi.. sangat beruntung rasanya bisa ikutan diklat ini.. J





Di hari sabtunya ibu dan anak anak dan teman teman lain juga jalan jalan lagi ke Ancol (Dufan). NAik busway lho… senengnya Cuma bayar Rp. 3500 per orang, bebas macet pulak. Asalkan kita mau berdesakan dan bergantungan dalam bus. Padahal setiap kali ke jkt ibu gak pernah naik transportasi yang satu ini. Tapi berhubung satu bulan di jkt, masa seh nggak coba!!

ziyad habis main arung jeram di dufan

Besoknya hari minggu ibu sama temen (aunty ari) dan ziyad shopping ke mangga dua hehehe.. zahwa sama kakak tinggal di hotel.. (selama di jkt udah 3 x ke mangga dua dan banyak kali ke tanah abang :P)



Minggu kedua

Tetep dengan kuliah setiap hari, trus malamnya jalan sama anak anak, yang ke Atrium lah, ke GRAMEDIA matraman, Taman Anggrek, Plaza semanggi, Pasar buah di kawasan Harmoni, dll… dan wikendnya shopping lagi ke tanah abang. Saking seringnya ke Tanah Abang, kami udah ngerasa kayak tanah abang milik sendiri ehehehe….. tidak tersesat seperti pertama kali datang :P
zahwa belanja buah dulu ya..

mall taman anggrek



Di minggu  kedua ini ada  dua rombongan lagi yang juga ikut diklat di lpem Ui dan nginapanya juga dihotel yang sama. Tepatnya kursus keuangan daerah yang diadakan oleh KEMENKEU, sehingga suasana jadi lebih rame dari biasanya. Agak crowded dan sempat beermasalah dengan cateringnya (sering kehabisan makanan baik bfast, lunch n dinner). Tapi hal itu tidak sampai membahayakan keadaan hehehe..


Disaat malam tiba, kami yang nginapnya di lantai 4 hotel (lantai yang sama dengan Alda dulu ) selalu ngisi waktu dengan duduk duduk di koridor hotel sambil ngenet, soalnya kalau ngenet dalam kamar  sinyal nya gak nyampai, jadi harus ke koridor dulu (wifinya jelek kali ya ). Ziyad hamper tiap malam main games online ditemani teman teman ibu yang lain, sementara zahwa sibuk nonton dvd atau gak lari larian di koridor hotel.

zahwa dan ziyad main laptop di koridor hotel

O iya di Minggu kedua ini pula lah putriku Zahwa merayakan Ulang tahunnya yang kedua tepatnya tanggal 22 Juni. sedih rasanya karna pas ultah zahwa kami jauh dari kampung halaman dan keluarga. Padahal sebelum ada diklat ibu udah jauh jauh hari merencanakan pesta ultah zahwa secara kecil kecilan dirumah Pekanbaru. Malahan ibu udah nyicil beli perlengkapan ultahnya juga lho. Tapi apa boleh buat, berhubung kami masih di Jakarta  ya jadilah ultahnya dirayakan bersama teman teman ibu di koridor hotel . Yang penting doa agar putri ibu menjadi anak yang sehat, cerdas dan sholeha.. AAMIIIn......, setelah beli kue tart kecil di breadboutiqe, malamnya kami tiup tiup lilin dan potong kue beramai ramai di koridor hotel.. yayya.................y......
mini tart zahwa


Minggu ketiga

Gak terasa hari hari terlewati dengan cepatnya, tau tau udah hampir tiga minggu J. Mungkin karena anak –anak ada bersama ibu kali ya jadi gak terasa berat menjalani hari. Di Minggu ketiga ini, nenek dan mama datang dari Pekanbaru. Kalau mama memang datang buat nyusul uwak yang udah lama di jkt. Sementara nenek datang Cuma buat ngisi liburan sekolah aja sekalian check Up jantung di RS jantung Harapan Kita. 

Kebetulan juga di Minggu Ketiga ini bersamaan dengan kunjungan lapangan peserta ke Provinsi Jawa Barat tepatnya di Bandung. Nah sekalian aja nenek, mama uwak dan anak anak ikut juga ke bandung. Kalau ibu perginya naik Bis dengan peserta dan panitia UI, yang lainnya naik mobil  sendiri bareng uwak.
Instansi yang kami kunjungi waktu itu adalah Bappeda Prov. Jabar, Dinas INDAG dan Dinas Kesehatan.


Ibu dan peserta lainnya berangkat dari hotel jkt pagi pagi sekali sementara anggota keluarga yang lain berangkat tengah hari sehabis zuhur. Setelah menyelesaikan kunjungan kerja ke beberapa instansi dimaksud, kami langsung menuju hotel yang sudah direservasi oleh pihak UI yaitu Hotel amaris daerah Cihampelas. TApi berhubung kamar hotelnya minimalis banget dan rasanya gak cucok buat kita ya terpaksa ibu , nenek dan anak anak pindah ke hotel yang lebih besar sedikit dan gak jauh dari hotel amaris. Malamnya makan malam di kedai nyonya rumah. Ternyata Bandung MAcetnya tambah parah ya.. gak kayak dulu lagi L

Besok paginya masih di Bandung, kita cari sarapan di daerah cisangkuy, trus lanjut shopping ke Pasar Baru (macetnya minta ampun). Karena udah menjelang petang, rencana awal yang mau pergi ke kampong gajah dibatalin, selesai makan siang di sindang seret kami langsung cabut balik ke jkt. (Ibu sengaja gak ikut bus karena mau sama keluarga aja ).
Malamnya setelah sampai hotel grandmenteng, kita semua istirahat zzzzzzzzz….  
Nenek pulang lagi ke PKU hari jumat 4 hari sebelum kami ikutan pulang juga.


Minggu Keempat

Di minggu terakhir ini, aktivitas perkuliahan sedikit lebih longgar karena tinggal nyelesaikan tugas aja dan persiapan ujian. Jadi ibu bisa sedikit bersantai santai hahaha… 
 Setelah menyelesaikan ujian dengan baik dan menghadiri penutupan , waktunya untuuk pulaaaang.!!!!!!!!!!!!! Horray.. setelah satu bulan jadi penduduk Jakarta akhirnya waktu yang dinantikan datang jua..
Pulang ke pku pesawat jam 15.30 dari hotel checkout sekitar jam 12 siang. Tapii.. paginya ibu masih sempat ke tanah abang.. lagi .. buat nemenin temen ibu yang pengen beli oleh oleh (halaah kenapa gak dari kemaren kemaren belinya pak…) 

Tas bawaan kami udah beranak cucu semuanya sampai sampai pas check in, bagasi nya overweight..  OMG.. hahahhaha..

setelah satu setengah jam perjalanan, akhirnya kami sampai di Pekanbaru dengan selamat Alhamdulillah.., zahwa langsung histeris ketemu dengan ayahnya. Dari jauh dia udah teriak AAYAAA..H sambil melebarkan tangan minta di peluk, waah ternyata anak anak ibu rindu berat dengan ayahnya.


Syukurlah kami berkumpul kembali di rumah Pekanbaru setelah satu bulan berpisah. Senang rasanya bisa ada di Pekanbaru lagi. Betapa bersyukurnya kami menjadi penduduk dan tinggal di Pekanbaru setelah tau rasanya jadi penduduk jkt sesaat...  crowded, macet and super duper gak nyaman buat kita. ( ini hanya menurut kami lho, pendapat orang kan bisa berbeda ya kan?) Kemanapun kita melangkah pastilah kampung halaman kita yang paling menyenangkan ya kan ^_^ ......

2 diarys comments:

Elsa says:
at: August 02, 2011 3:01 PM said...

wuuuaaaaah senengnyaaaaaa
diklat sekaligus jalan jalan yaa
bawa anak anak pula.
sip deh....

iya mbak, jakarta bikin penat ya
gak tahan macetnya

Emma says:
at: August 02, 2011 3:14 PM said...

alhamdulillah, emang anak anak sengaja dibawa mba, klo gak sy mah ga mau ikutan diklatnya :)

mudah mudahan penduduk jakarta ga marah sm kita yang gak suka jakarta ya .. ;p